1. Planning (Perencanaan)
Perencanaan adalah merumuskan apa yang dibutuhkan oleh organisasi dan bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. proses perencanaan ini pada dasarnya, meliputi 3 kegiatan utama, yaitu
- Merumuskan tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan
- Merumuskan strategi yang menyeluruh untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dan
- Merumuskan langkah langkah perencanaan untuk mengimplementasikan strategi perusahaan.
2. Organizing (Pengorganisasian)
pengorganisasian adalah proses manajemen yang mendapatkan cara terbaik untuk mengatur sumber daya dan aktivitas suatu organisasi untuk menjadi suatu struktur yang logis. atau juga proses memperkerjakan dua orang atau lebih untuk bekerja sama dalam cara terstuktur guna mencapai sasaran spesifik.
3. Actuating (Pengarahan)
Para menejer memiliki kekuatan untuk memberi perintah dan mengharapkan hasil. Manajer bekerja untuk mengarahkan dan memberikan motivasi kepada karyawan untuk memenuhi tujuan perusahaan. salah satu bentuk pengarahan adalah mendengarkan keluhan karyawan, memberi respos dengan segera baik kepada karyawan maupun perusahaan.
4. Controlling (Pengendalian)
Pengendalian adalah proses manajemen untuk memonitor kinerja organisasi untuk menjamin proses berjalan sesuai tujuan. Setiap pimpinan perusahaan harus benar - benar memperhatikan permasalahan yang menyangkut biaya dan kinerja.
0 komentar:
Posting Komentar